Senin, 13 Desember 2010

tips untuk ibu yang mempunyai bayi baru lahir


Biasanya bayi, khususnya baru lahir akan sering sekali menangis, kadang kita sebagai bundanya bingung apa yang harus kita lakukan ketika bayi kita menangis. mungkin kita bisa perhatikan dulu apakah popoknya basah atau tidak, atau apakah dia lapar atau tidak, untuk mengetahui bayi lapar, kita bisa meletakkan jari kita di samping bibirnya, jika bayi mencoba untuk 'memasukka jari kita kemulutnya berarti dia sedang lapar, dan segeralah anda susui.
posisi menyusui sebaiknya diatur senyaman mungkin untuk bayi maupun ibunya. posisi menyusui yang nyaman untuk bayi adalah dengan bandannya miring, dan perutnya menempel pada perut ibu, agar ibu dapat dega nyaman memeluk bayi . dan posisi ibu adalah duduk dengan santai kalau perlu dengan punggung bersandar pada sesuatu, sehingga Asi akan mengalir dengan lancar, dan bayi pun akan menyusu dengan nyaman dan sampai kenyang. agar nutrisi yang di dapatkan bayi maksimal, sebaiknya susui bayi anda dengan salah satu payudara dulu sampai payudara itu benar-benar sudah 'kosong' , jika bayi masih lapar barulah anda pindahkan bayi menyusu di payudara yang lain. karena menurut dokter anak yang membantu persalinan bayi saya beberapa bulan yang lalu ternyata lemak dalam Asi lebih banyak terdapat pada Asi yang paling terakhir keluar. jadi jangan pindahkan bayi anda kepayudara yang lain sampai asi di payudara yang sedang di minumnya benar-benar habis.
tips yang lain adalah, jika ternyata bayi masih menangis, padahal popoknya tidak basah, dan dia juga sudah menyusu atau sudah kenyang, mungkin saja saat itu bayi ada mengantuk dan ingin tidur, maka peluklah dia dulu atau di timang-timang. kadang bayi ingin merasakan kehangatan ibunya agak lebih lama sampai dia benar-benar tertidur pulas. Jika anda merasa capek atau lelah dengan memeluk bayi terlalu lama, coba bergantian dengan suami,, saudara, baby sitter atau ibu anda. jika bantuan tidak ada, maka bersabarlah degan tetap memeluk bayi anda, tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda sangat menyayangi bayi anda, hanya ketika bayi ini saja anda bisa memeluknya dengan lama, karena jika dia sudah besar nanti dia bahkan tidak mau untuk anda peluk.. jadi tetaplah semangat walaupun kelelahan melanda anda.. jika bayi anda sudah tidur, sebaiknya anda ikut juga tidur, agar anda kembali segar dan dapat memulai aktifitas yang lain. selamat menimang bayi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ya sahabat... ^_^