Jumat, 08 Januari 2010

Semangat Menulis


Mau tau apa yang membuat aku bersemangat menulis sekarang? Bukan berarti beberapa waktu yang lalu aku tidak bersemangat menulis, namun semangat menulis kali ini adalah semangat untuk menulis tulisan non fiksi, karena biasanya aku menulis cerita anak atau fiksi anak islam. Meskipun ada dua novel anak islam hasil karyaku yang sudah di terbitkan oleh penerbit Zikrul, ternyata kedua buku itu tidak begitu terdengar di pasaran, Benar novel anak islam yang berjudul Laptop ajaib, dan Berpetualang bersama Lepi itu di pasarkan di toko buku besar, seperti Gramedia dan Gunung Agung, namun aku rasa penjualannya tidak sesuai yang diharapkan penerbit. Sehingga kedua buku itu sudah tidak terdengar lagi sekarang. Namun aku tidak berputus asa, aku tetap menulis cerita anak, karena aku rasa, banyak hal yang ingin aku sampaikan kepada para pembaca cilik tersebut, tapi entah karena tulisanku yang memang tidak berbobot dan tidak memenuhi standar penerbit, dari sekian banyak naskah yang ku kirim tak pernah ada kabarnya. Jika aku tanya pada penerbit jawabannya tidak pasti, atau kadang di oper dari satu editor ke editor lain. Akhirnya ceritaku untuk para pembaca cilik itu hanya tersimpan manis di file komputer dan CD.Lalu dimana cerita tentang semangat itu. Dari sinilah cerita tentang semangat itu berawal, beberapa tahun yang lalu aku pernah mengikuti program pelatihan menulis online dari Penulis Lepas.com. setelah program itu aku masih terus menulis cerita anak seperti yang kuceritakan diatas tadi. Sampai suatu saat aku "kehilangan mood" untuk menulis karena tidak adanya kabar berita beberapa naskah yang sudah aku kirimkan ke penerbit, hingga suatu kali aku kembali membuka situs penulis lepas. com yang ternyata sudah berubah. Di situs ini, aku membaca tulisan Jonru yang isinya kurang lebih menyatakan sebaiknya para penulis lebih baik menulis tulisan non fiksi ketimbang tulisan fiksi, karena pasar non fiksi lebih banyak dibanding pasar fiksi. Dari sini aku tersadar, ternyata apa yang di sampaikan Jonru ada benarnya juga, selama ini meskipun aku sering menulis, kebanyakan tulisanku hanya berkutat di seputar cerita anak. Walaupun pada awalnya aku tidak berniat mencari 'keuntungan' dari menulis ini, karena niatku hanya ingin menyampaikan pesan bagi anak-anak agar mereka berada di 'jalur' yang benar, tapi pada kenyataannya tulisanku itu tidak akan sampai kepada mereka, karena tulisanku itu hanya tersimpan di file komputerku saja. dan aku harus berusaha memikirkan cara lain untuk menyampaikan pesanku ini, nah di sinilah semangat itu mulai muncul. Aku berharap dengan memperbanyak tulisan non fiksi yang aku tulis ini serta mempostingnya di Penulis Lepas.com dan blog-ku, akan mengantarkanku kepada suatu keadaan yang mungkin saja bisa membuat tulisanku untuk anak-anak itu kelak bisa terlaksana. Terima kasih kepada Jonru dan pengelola situs Penulislepas.com ini , aku harap setiap tulisan yang aku kirim bisa di muat di situs ini, dan bisa memberi manfaat kepada banyak orang. Terima kasih juga kepada Peng Kheng Sun yang bersedia memberi tanggapan untuk salah satu tulisanku. Semoga komentar yang membangun dari anda para pencinta situs ini akan sangat membantu dan menambah semangatku untuk menulis tulisan non fiksi ini. Sekali lagi, terima kasih.....

3 komentar:

  1. teruslah menulis. niatkan karena Allah.

    BalasHapus
  2. Saya juga suka nulis.Beberapa naskah tersimpan rapi di file komputer, baik di rumah maupun di kantor. Kalo mood datang,aku segera buka komputer, buru-buru ngeluarin ide yang ada di benak. Seiring dengan perkembangan jaman,komputer PC tidak praktis lagi penggunaannya. Kadang ide datang tiba-tiba. Saat itu bisa datang kapan saja. Bisa datang saat lagi di bus kota, kadang sedang menunggu antrian tiket nonton,kadang sedang bermain dengan para keponakan,kadang juga muncul ketika aku sudah lelah dan mau tidur.. Akhirnya,setelah cukup lama mengidam-idamkan laptop, aku bisa juga membelinya dengan menyisihkan dari uang jajan. Dengan laptop,aku bisa kapan saja menuangkan ideku kedalam tulisan. Aku juga punya blog pribadi tempatku menuangkan ideku.
    Sebenarnya, cita-citaku banyak lho. Gak muluk-muluk koq. Aku hanya ingin bisa berkarya dalam dunia tulis menulis dan karyaku bisa diterima oleh media. Tapi waktu untuk menulis itu kejar-kejaran dengan waktuku untuk bekerja.Kebetulan aku seorang pegawai yang tidak banyak punya waktu luang. Tapi semangatku untuk bisa menulis secara produktif tidak pernah terbendung. Berbagai buku panduan menulis aku beli dari toko buku. Walaupun saat ini banyak naskahku yang kukirim ke media belum terbit namun aku tetap sabar, mungkin suatu saat naskahku akan diterima media... Kapan ya saat itu datang?

    Bagi yang mau ngasih komentar silahkan berkunjung ke blogku : ritaasmara.blogspot.com atau melalui emailku: asmaraningsih.rita@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. hi thanks atas supportnya,smoga suatu saat kita akn menjadi penulis hebat...^-^

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ya sahabat... ^_^