Minggu, 03 Januari 2010

Resolusi


Sebagaimana yang aku tulis pada satu muharam yang lalu, aku akan menjelaskan sedikit mengenai resolusiku itu. Menurut penelitian, jumlah umat muslim di muka bumi ini lebih kurang 1,3 milyar orang. Dari jumlah tersebut hanya lehih kurang 38% yang bisa membaca alquran. nah dari 38% tersebut yang benar-benar bisa lancar dan tartil, sesuai dengan tajwid yang seharusnya dalam membaca alquran itu di jumpai pada 18 % saja, da yang terakhir dari yang 18 % itu yang hafal alquran hanya sekian persen yang aku lupa angkanya, dan aku termasuk didalamnya, yang tidak hafal seluruh isi Alquran, dan dari segelintir persen itu hanya segelintir umat muslim juga yang mau mentadabburi isi Alquran, serta mengamalkannya dengan benar. La haula wala quwwata illabillahi 'aliyil'azhiiim. Aku baru tersadar... kenyataan ini benar-benar sesuatu yang miris. Aku yang selama ini berpikir bacaanku sudah baik, ternyata masih jauh tertinggal. Maha benar Allah dan rasulnya, kita tidak boleh berpuas diri dengan amal saleh atau kebaikan yang sudah kita perbuat, namun tetaplah untuk menggali terus kekurangan yang ada, agar diri tidak bangga dan sombong dengan semua itu. Lalu timbul masalah, yang lebih pantas di sebut godaan dari syetan yang terkutuk. Bagaimana diri yang sudah tidak muda lagi ini bisa menghafal dengan baik semua ayat suci itu, jangankan utuk menghafal puluhan ayat, ayat dua sudah hafal eee... ayat satu lupa lagi, hal ini yang terlintas dipikiran ku. Namun kini aku sudah mendapatka suatu penguat atau cara memotivasi diri agar lebih semangat, yaitu:
1. Ingatlah, ketika rasulullah Saw menerima wahyu yang berupa alquran saat ini, umur beliau ketika itu sudah lebih dari 40 tahun. demikian juga dengan para sahabat, apalagi abu bakar yang waktu itu umur beliau sudah 69 tahun lebih. Sementara kita mungkin baru tigapuluhan atau empatpuluha.
2. Ingatlah bahwa Allah aka memberikan suatu kekuatan atau ilmu lebih kepada para hafidzh alquran. So don't worry, cause innallaha ma'ana {Allah bersama kita hambanya}
3. Ingatlah juga, menurut penelitian, menghafal adalah salah satu cara untuk menghindari penuaan dini, atau kepikunan. Lebih tepatnya semakin rajin kita membaca dan belajar, maka semakin aktiflah sel otak kita, sehingga penyakit pikun yag sering menimpa para lansia tidak akan terjadi pada kita.
4. Sebagai pamungkas untuk menghafal alquran, bahwasanya di akhirat nanti, jika kita sudah berhasil melewati jembatan sirath, maka malaikat akan mengetes hafalan quran kita. Jika kita hafalnya cuman Alfatihah, maka kita kita berada di level terendah sorga, level kita akan meningkat sesuai dengan hafalanAlquran kita. Setelah surat alfatihah ada surat albaqarah, dan seterusnya. Semoga Allah memberikan kita kekuatan dan semangat untuk menghafal alquran dan mengamalkannya. Amin...
5. ingatlah hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Dan aku ingin membuat resolusi, agar aku bisa menghafgal alquran, sekaligus mentadabburinya dan mengamalkannya dalam kehidupanku sehari-hari. doakan agar aku bisa ya...Amin..
Bagaimana sahabat... semangat ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ya sahabat... ^_^