Jumat, 12 November 2010

siapa bilang caesar itu enak....


Mungkin bagi sebagian orang memilih melahirkan dengan cara caesar adalah yang terbaik, alasannya beragam, diantaranya tidak mau merasakan sakitnya proses melahirkan normal Tapi tidak demikian halnya denganku. Aku merasa sangat tidak nyaman dengan operasi caesar ini, karena aku sudah pernahsebelumnya merasakan melahirkan secara normal, dimana, beberapa saat setelah bayiku lahir aku bebas beraktifitas.
Untuk alasan yang memang mengindikasikan seorang ibu hamil harus menjalani operasi caesar, hal ini adalah suatu keniscayaan, sama seperti yang aku alami sekitar dua bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 9 september 2010. Pada dasarnya aku tidak pernah membayangkan akan menjalani operasi caesar ini, namun saat itu entah mengapa tiba-tiba tekanan darahku naik sampai 150/100 mmhg, dokter yang merawatku menyarankan agar aku bersiap untuk menjalani operasi tersebut demi menyelamatkan aku dan janinku. dengan pasrah akupun mengikuti saran dokter itu.
Segala persiapan operasipun di mulai, dari pemasangan infus, pengambilan darah, dan segala hal yang wajib dilakukan bagi seorang ibu hamil yang akan menjalani operasi caesar. Sambil terus berzikir dalam hati aku menjalani tahapan proses itu dengan perasaan tak menentu, sampai saat satu kolf obat yang bergubna untuk menetralisir tekanan darahku di pasangkan di infusku, rasa hangat menjalar di sekitar mulut dan tenggorokanku, aku pikir ini biasa. jadi ku nikmati saja proses ini. namun ketika masuk kekamar operasi dan dokter anasthesi mulai menambah tetesan infus itu menjadi sangat cepat, jantungku berdebar kencang, seolah hendak meledak saking kencang dan cepatnya darah yang dipompakan oleh jantung ke seluruh tubuh. saat itu serasa malaikat maut akan segera menjemputku. tapi Allah masih mengingatkanku agar segera bertanya kepada dr anasthesi tentang hal yang aku rasakan, saat itu juga aku segera menanyakannya, dan dokter itupun segera mengganti infus tersebut dengan yang lain. Itu adalah hal pertama perasaan ketidaknyamanan yang ku rasakan sewaktu di caesar, rasa tidak nyaman yang lain adalah setelah aku dianasthesi, rasa baal di seluruh kaki membuatku sangat tidak nyaman, selanjutnya ketika operasi selesai, dan aku mulai di tempatkan di ruang recoveri room, saat itu seluruh tubuhku menggigil, aku merasakan kedinginan yang sangat hebat, yang belum pernah aku rasakan selama ini. sehingga gigi2ku gemeretuk menahan rasa dingin yang tidak terkira itu, aku kembali menanyakan nya kepada petugas yang sedang berada di situ, dan akupun di beri semacam pompa yang menyalurkan hawa hangat kedalam tempat tidurku. suster itu berkata hal ini wajar , karena merupakan efek dari anasthesi. dan yang terakhir adalah setelah rasa baal di kakiku hilang dan aku mulai mobilisasi dengan miring kiri dan kanan dulu, kemudian duduk, dan berdiri serta berjalan... tahapan ini memakan waktu yang cukup lama dan dengan rasa sakit di daerah operasi yang lumayan susah untuk di tahan...
Ketidaknyamanan yang terakhir itu berlanjut hingga sekarang walaupun usia bayiku sudah 2 bulan... jadi...para ibu hamil, yang akan menjalani proses persalinan, aku sarankan untuk tidak cepat-cepat memutuskan untuk di opeasi caesar, jika masih memungkinkan untuk melahirkan secara normal, maka hal itu akan lebih baik...kecuali ada indikasi yang mewajibkan anda untuk segera di caesar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ya sahabat... ^_^